Apple dan Samsung: Simbiosis Keduanya akan Tetap Terjaga?Apple dan Samsung: Simbiosis Keduanya akan Tetap Terjaga?

   
Bersamaan dengan munculnya hasil putusan pengadilan yang memenangkan Apple (sementara), banyak pihak yang berpikir bagaimanakah jadinya hubungan antara kedua vendor besar ini. Apple danSamsung bukanlah dua vendor yang tidak memiliki hubungan sama sekali, seperti yang diketahui bahwa saat ini vendor asal Korsel tersebut adalah pemasok utama dari chip yang mentenagai iPhone dan iPad.

Namun melalui hasil meeting mendadak diketahui bahwa antara bisnis handset dan komponen milik Samsung akan tetap dibedakan. Walaupun sampai saat ini Samsung telah diminta memberikan ganti rugi kepada Apple namun dipastikan pihaknya tidak akan mungkin menggoyahkan kontrak yang selama ini telah mereka dapatkan dari Apple, diketahui bahwa kontrak tersebut bernilai miliaran dolar. Selain menjadi satu-satunya pemasok microprosesor iPhone dan iPad, Samsung juga memasok memori chip tipe NAND dan juga flat screen yang digunakan untuk perangkat Apple lainnya. Diprediksi bahwa penjualan komponen Samsung pada tahun depan akan mencapai $13miliar dolar dimana mendatangkan keuntungan hingga $2.2miliar dolar.

Menurut ahli dan analis, hubungan simbiosis diantara keduanya akan tetap terjaga. Apple memerlukan Samsung untuk tetap memasok komponen iPad dan iPhone mereka. Sedangkan Samsung mungkin saja mempertimbangkan beberapa pilihan untuk menjadikan komponen mereka faktor yang menguntungkan. Namun Apple sudah lama meramalkan hal ini, pihaknya sudah melakukan perjanjian yang memastikan Samsung tetap harus memasok komponen kepada mereka. Samsungpun tidak akan mungkin merelakan citra mereka dihadapan konsumen lainnya berubah menjadi pemasok yang tidak dapat diandalkan.

COO Samsung memastikan bahwa perjanjian pasokan komponen itu sendiri sebenarnya merupakan masalah yang terpisah dari litigasi yang menimpa mereka dengan Apple.
Hubungan keduanya tampaknya cocok jika digambarkan dalam 1 kata: Frienemy (friend enemy) :p
via ibtimes

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia