Punk's not Dead, Fakta dan Inspirasi Musik Dunia


Arti Punk sebenarnya bukanlah suatu musik atau fashion yang kita ketahui pada hari ini. Tetapi Punk sebenarnya adalah atittude/sikap yang lahir dari sifat memberontak, tidak puas hati, marah dan benci, dari sifat-sifat inilah maka lahirnya Punk. Rasa tidak puas hati dan marah pada sesuatu terutama tindakan yang menindas ditunjukkan dan dimasukkan ke dalam musik dan pakaian mereka.

Punk juga sebenarnya sangat benci pada `street fashion`, keadaan sosial, politik dan ekonomi yang menindas dan benda²-benda glamour (contohnya, seperti golongan-golongan artist, hippies dan band rock) Punk mempunyai dan membentuk satu scene yg tersendiri di dalam scene underground.

Semua benda yang dibuat adalah melalui satu konsep (D.I.Y) dan konsep ini merupakan satu konsep yg menitikberatkan nilai-nilai persahabatan (unite). Semangat mandiri tanpa mengharapkan bantuan dari pihak manapun dan juga "self empowerment" dan "anti-estabushment". Zine atau fashion, flayer atau gigs dilakukan dan dibuat secara underground.

SEJARAH DAN REVOLUSI PUNK
Punk sebenarnya berawal di Amerika sejak awal tahun 70an. Tetapi pada masa itu musik ini tidak begitu disukai karena rakyat Amerika tidak dapat menerima musik ini secara keseluruhannya karena musik Punk begitu extreme dan termasuk kategori aggressive band. Perintis pada masa itu (tahun 70 -75an) seperti The Ramones, Iggy Pop, Patti Smith, New York Dolls dan Modern Lovers.

Setelah itu pada pertengahan tahun 70an, keadaan menjadi sangat berbeda sekali di Inggris karena musik Punk diterima dengan meluas di sana pada ketika itu, aliran musik ini menjadi begitu terkenal disebabkan oleh rakyat Inggris pada masa itu sedang mencari media² untuk mereka dalam usaha memberontak (rebel) karena keadaan ekonomi di Inggris yang sangat gawat dan pada masa itulah zaman revolusi Punk sebenarnya berawal.

Punk dan Skinheads di Inggris saat itu kebanyakan adalah remaja-remaja working class. Mereka memberontak karena ekonomi dan sistem sosial Inggris yang menindas Kemunculan Sex Pistols pada ketika itu juga telah meramaikan aliran musik ini sehingga Punk menjadi sangat terkenal sekali dan kemunculan mereka begitu pas dengan suasana pada saat itu.

Band ini menjadi begitu kontroversi sekali di Inggris pada disebabkan karena keberanian mereka bersuara dan menentang kerajaan. Ini karena lagu² yang mereka bawakan mengarah pada keganasan yaitu Facist, Riot, Chaos, Anarchy dan anti-kerajaan.

Berikut ini sahabat anehdankonyol.com Band-band Punk Legendaris yang menjadi pembaharuan dan Inspirasi Musik Punk :

1. Sex Pistols




Sex Pistols merupakan band Punk yang pertama di Inggris dan juga dinobatkan sebagai band Punk legenda oleh dunia. Ini karena kehadiran mereka telah menyemarakkan lagi scene Punk di Inggris pada masa itu. Membawakan musik keras juga dengan lagu² yang penuh kontroversi dan anti kerajaan. Lagu² mereka yg menjadi kontroversi di Inggris pada masa itu adalah seperti lagu 'Anarchy In The UK' dan 'God Save The Queen' telah diharamkan oleh BBC @ Britain Broadcasting ketika itu.

Orang yg bertanggungjawab merilis dan mencipta lagu 'Anarchy In The UK' dan 'God Save The Queen' sebenarnya adalah Glen Matlock yaitu bassis kumpulan ini dan melalui lagu inilah reputasi band Sex Pistols meningkat dan menjadi terkenal. Tetapi setelah itu Glen Matlock keluar dari band ini karena ingin membangun Iggy Pop & The Rich Kids dan Ia diganti oleh Sid Vicious. Kehadiran Sid telah membuat popularitas band ini terus melonjak naik dan menjadi bertambah rebellious.

Ini mungkin karena disebabkan sifat Sid sendiri yang extreme aggresive dan ganas sesuai dengan imej Sex Pistols. Sebenarnya Sid juga banyak memperlihatkan aksi² yang ganas dan kurang ajar ketika di panggung. Contohnya, suka meludah dan kencing di atas panggung sehingga membuat Menteri Pendidikan Inggris pada masa itu mengecam dan mencap mereka sebagai 'Agen Keruntuhan Moral Masyarakat'.

Sid juga banyak merubah imej dan penampilan kumpulan ini. Ini kerana banyak yang mengatakan bahwa Sid-lah yang telah memperkenalkan fashion rambut mohawk. Contohnya ketika Sid muncul pertama kali di siaran TV Inggris dengan model rambut Mohawk ini. Dan selain Sid, Vivien Westwood yaitu isteri Malcolm McLaren juga telah memperkenalkan model mohawk ini dan telah menjadi trend sampai sekarang.

Sex Pistols akhirnya jatuh pada tahun 1978 disebabkan oleh kematian Sid kerana OD (Drugs Overdose). Walaupun begitu, mereka merupakan sebuah band Punk legendaris. Kemunculan dan kehadiran mereka telah menjadi idola dan panutan bagi sekumpulan besar followers²/pengikutnya dan band-band Punk hingga hari ini.

2.Rancid



Rancid adalah sebuah Amerika ska punk rock band dari Albany, California , yang dibentuk pada tahun 1991. Didirikan oleh Matt Freeman dan Tim Armstrong , keduanya sebelumnya bermain di ska punk grup Operasi Ivy , band ini dikreditkan dengan membantu menghidupkan kembali mainstream bunga populer di punk rock di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1990-an.

3.The Clash



The Clash adalah sebuah grup musik rock asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1976 sebagai awal gelombang punk rock. Bersamaan dengan aliran punk rock, mereka bereksperimen reggae, ska, dub, funk, rap dan rockabilly. Sebagian dari mereka merekam karir di band ini, The Clash terdiri dari Joe Strummer (penyanyi utama, gitar ritem), Mick Jones (gitar, vokal), Paul Simonon (bass, penyanyi latar, kadang jadi penyanyi utama) dan Nick “Topper” Headon (drum, perkusi). Headon meninggalkan grup pada tahun 1982, dan masalah internal membuat Jones meninggalkan di tahun berikutnya. Band ini lanjut dengan anggota baru, tapi akhirnya bubar pada awal 1986.

4.Bowling four Soup



Bowling untuk Soup (juga disingkat BFS) adalah seorang Amerika pop-punk band yang awalnya dibentuk di Wichita Falls , Texas pada tahun 1994. Sekarang berbasis di Denton, Texas , band ini adalah yang terbaik dikenal dengan single ” Girl Bad Guys Semua Ingin , “(a 2003 Grammy Award nominee) ” almost , “” High School Never Ends , “dan” 1985. ”

5.The Rabble



The rabble adalah band punk rock band dari Auckland , Selandia Baru , yang terbentuk pada musim panas New Zealand pada 2000/2001. mereka resmi terbentuk pada tanggal 29 Februari 2004. The Rabble yang beriman kuat dalam sikap Do It Yourself. Mereka menulis dan merekam musik mereka sendiri dan video musik, dengan bantuan dari teman dan keluarga.

6.NOFX



NOFX (diucapkan no-eff-ex) adalah sebuah Amerika punk rock band dari San Francisco , California , yang dibentuk pada 1983 di Los Angeles . band ini dibentuk oleh vokalis dan bassist Fat Mike dan gitaris Eric Melvin . Drummer Erik Sandin bergabung dengan mereka tak lama kemudian. Pada tahun 1991 El Hefe bergabung untuk bermain gitar dan trompet , pembulatan dari line-up. Band ini meningkat menjadi populer pada tahun 1994 dengan album mereka Punk di Drublic.

7.Greenday



Green Day adalah sebuah kelompok musik bergenre punk rock yang berasal dari California, Amerika Serikat dan terdiri atas Billie Joe Armstrong (penyanyi utama, gitaris), Mike Dirnt (basis, penyanyi pendukung), dan Tré Cool (pemain drum, penyanyi pendukung). Green Day telah diakui di dunia musik karena keberhasilan mereka dalam mengembalikan dan membuat genre punk rock kembali terkenal, bersama-sama dengan grup musik tahun 1990-an seperti The Offspring dan Rancid.

8.Sum 41



Sum 41 adalah band yang berasal dari Ajax, Ontario, Kanada. Awalnya Sum 41 dibentuk oleh Deryck Whibley (vokal, gitar) dan Steve Jocz (drum) yang merupakan teman semasa SMA. Nama Sum 41 dipilih karena band ini dibentuk 41 hari sebelum musim panas (summer). Anggota ketiga yang masuk adalah Dave Baksh (gitar), dan yang terakhir adalah Jason McCaslin (bass) pada tahun 1999 setelah sempat berganti-ganti pemain bass. Mereka merilis album pertama mereka pada tahun 2000 yang berjudul Half Hour of Power di bawah label Island Record.

9. The OffSpring



The Offspring adalah sebuah band beraliran punk yang berasal dari Orange County, California bagian selatan. Band ini pernah mengukir sejarah di dunia musik underground ketika meluncurkan album Smash yang terjual 8 juta copy berkat hit-hitnya seperti "Come Out and Play," "Self Esteem," and "Gotta Get Away,".

The Offpsring beranggotakan Dexter Bryan Keith Holland, Kevin "Noodles" Wasserman, Greg Kriesel atau lebih dikenal dengan Greg.K dan Atom Willard. Pertama kali dibentuk pada tahun 1984 oleh Dexter Holland dan Greg.K yang saat itu berusia 18 tahun setelah mereka ditolak untuk masuk menonton konser Social Distortion. Band ini memainkan musik-musik punk yang terpengaruh oleh ska, grunge dengan sound Seattle dan bahkan metal. Mulanya, band ini bernama Manic Subsidal.


Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia