Trik Membuat Surat Lamaran Kerja pasti di terima [ BERGARANSI ]


Untuk Sobat yang sudah bosan melamar kerja kirim SURAT kesana kemari di tolak dan di tolak
mungkin akan sangat menjengkelkan, terutama untuk sahabat jombloku yang terbiasa di tolak cinta.. jangan sampai di tolak kerja hanya gara gara salah bikin SURAT

inget blo ... kalo kita sudah sukses jodoh itu nyamperin hehe

ok kembali ke SURAT
sebelum membuat surat Ada beberapa Persiapan yang harus diperhatikan yaitu:
  1. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
  2. Menyiapkan Berkas Lamaran
  3. Menyiapkan Amplop Surat Lamaran
  4. Mengirimkan surat Lamaran


Mari kita bahas satu persatu;

1. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan dapat anda ketik akan tetapi ada beberapa perusahaan yang menghendaki agar surat ditulis menggunakan tulisan tangan. Apabila anda mengetik surat lamaran pekerjaan pergunakanlah kertas dan font yang standar, seperti tipe Arial atau Times New Roman. Dan jika anda menulisnya dengan tangan usahakan menulis dengan rapi dan mudah di baca. Tidak boleh ada kesalahan penulisan dalam membuat surat lamaran pekerjaan oleh karenanya anda harus mengeceknya berulang-ulang. Anda mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menulisnya dan si pembaca surat anda hanya butuh beberapa menit saja untuk membacanya, akan tetapi jika terdapat sebuah kesalahan maka si pembaca tidak akan segan segan untuk membuangnya. Silahkan lihat atau download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

2. Menyaipkan Berkas Pelengkap Lamaran Pekerjaan
Beberapa berkas yang harus dipersiapkan sebagai pelengkap surat lamaran pekerjaan antara lain:

Pas Foto (3x4 dan 4x6 biasanya sebanyak 2 lembar atau tergantung permintaan)
Foto Copy Kartu Identitas Diri (KTP atau SIM) yang di legalkan pejabat setempat (Legalisir).
Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae (CV). Lihat Contoh Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Ijazah yang di legalisir
Foto Copy sertifikat pendidikan non formal (jika ada)
Foto Copy Penghargaan yang tercantum dalam Daftar Riwayat hidup
Surat Pengalaman Kerja (jika ada)

3. Menyiapkan Amplop Surat Lamaran

Apabila surat lamaran sudah dibuat dan semua lampiran sudah siap maka langkah selanjutnya adalah dikemas atau dimasukkan ke dalam map atau amplop dan di halaman muka ditulis alamat kantor atau perusahaan yang dituju dan perihalnya. Contoh :
[Image: image10.jpg]
Selanjutnya lamaran siap dikirim atau diserahkan dan yang perlu diperhatikan adalah waktu pengiriman atau penyerahan lamaran jangan sampai melewati batas waktu penerimaan lamaran.

4. Mengirimkan Surat Lamaran Pekerjaan

Masukan semua berkas yang sudah anda susun dengan rapi (pergunakan penjepit kertas untuk myusunnya, janga di steples) kedalam Amplop yang sudah di siapkan. Kirim menggunakan pos kilat agar surat segera sampai ke alamat yang di tuju apalagi jika waktunya sudah mepet.
Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
Sebelum anda membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu agar surat lamaran kerja yang nantinya anda buat baik dan benar, dan hal-hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :


1. Surat lamaran harus Impresif.
Isi surat lamaran kerja hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Intinya tampilkan jati diri kita secara menarik.

2.Surat lamaran harus menarik minat calon atasan.
Buatlah surat lamaran kerja yg ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita. Ingat kesan pertama sangatlah penting.

3.Sebutkan kualifikasi yang diraih dalam surat lamaran.


Contoh prestasi kerja maupun pengalaman yg sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi & pengalaman yg patut dipertimbangkan.
Gunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat.

4.Pergunakanlah bahasa yg sederhana & ringkas.
Kita mempunyai kesempatan lain untuk menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita dalam kesempatan wawancara. Maka dari itu, untuk saat ini buat penjelasan yg singkat tetapi efektif.

5.Perhatikan kalimat dalam surat lamaran.

Dalam surat lamaran kerja anda hindari penggunaan kalimat yg tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung secara berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, bertele-tele persis seperti contoh kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan banyak kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang & berlebihan.

6.Surat lamaran kerja berbahasa Indonesia.

Sebaiknya pergunakan bahasa Indonesia saja. Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris, yg tentu saja merupakan sebuah nilai lebih bagi kita.

7.Tujuan dan alasan melamar kerja.

Pada surat lamaran kerja anda, cantumkan tujuan & alasan kita melamar. Biasanya tujuan yg sering disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yg memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, & dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yg berharga bagi perusahaan tersebut.

8.Kerapihan surat.

Agar lamaran anda mudah dibaca jangan menulis atau mencetak dengan tinta yg terlalu tipis, & hindari penggunaan tipp-ex. Pergunakan kertas yg bagus, bersih & rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak.
9.Buat surat lamaran dengan tulis tangan atau komputer?
Jika memungkinkan buatlah surat dengan komputer kecuali dipersyaratkan agar ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yg setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan sebisa mungkin hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yg tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman ukuran 12 untuk memberi kesan formal.


Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup / CV

Perusahaan tidak meminta pencantuman keterangan-keterangan seperti itu karena bisa dianggap melakukan ‘early prejudice’. Di AS perusahaan tidak boleh melakukan diskriminasi dalam penerimaan pegawai, baik diskriminasi atas ras, umur, status maupun agama. Sedangkan di Singapura, kadang dalam resume diminta mencatumkan keterangan ras. Format resume atau curriculum vitae di setiap negara berbeda-beda. Hal ini tampaknya dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan dan pandangan politik di setiap negara yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, untuk resume standar di Amerika Serikat (AS) tidak perlu mencantumkan foto, agama, status perkawinan dan umur, karena hal itu dianggap sangat pribadi. Agar terlihat profesional dan menarik, ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam membuat curriculum vitae (CV):

* Gunakan kertas putih polos

CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar).

* Status perkawinan

Cantumkan status perkawinan (single, married, atau divorced).

* Foto terbaru

Lampirkan pas foto terbaru. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (jas lengkap dengan dasi).

* Referensi

Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).

* Pekerjaan yang diinginkan

Selalu cantumkan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Jangan menulis bahwa anda siap bekerja dalam posisi apa saja karena akan memberi kesan bahwa anda adalah pekerja serabutan. Tuliskan saja spesialisasi anda.

* Format standar surat resmi

Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Times New Roman.

* Pengalaman kerja

Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya (bukan nama perusahaannya) sebanyak-sebanyaknya tiga perusahan terakhir, berikut pangkat dan jabatannya.

* Pengalaman lain yang menunjang

Cantumkan pengalaman atau organisasi yang berhubungan dengan spesialisasi anda. Jika anda adalah seorang spesialis bidang kimia, maka pengalaman sebagai juara I lomba melukis atau pejabat ketua senat tidak perlu dicantumkan.

* Identitas

Cantumkan identitas anda dengan jelas.

[Image: contoh-surat-lamaran-kerja.jpg]

NAH BERIKUT INI SAYA LAMPIRKAN BEBERAPA CONTOH SURAT LAMARAN KERJA



contoh surat lamaran kerja

Contoh surat lamaran I:

Spoiler (Click to View)
Contoh surat lamaran II:
Spoiler (Click to View)
Contoh surat lamaran III:
Spoiler (Click to View)

Jika sekarang ini Anda masih menduduki jabatan tertentu pada sebuah perusahaan dan ingin keluar, Anda bisa membuat resign letter dengan membuka halaman tentang contoh surat pengunduran diri yang sudah diposting dalam blog ini. Semoga contoh surat lamaran kerja diatas bisa bermanfaat untuk melamar di perusahaan yang Anda inginkan. S
Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan jika anda sudah diterima jangan lupa sama saya ya.... he...he....!
Tetaplah berjuang Kegagalan anda hari ini adalah kunci kesuksesan anda di masa yang akan datang keep fighting bro

SURAT OH SURAT

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia