Misteri 125 Tahun Di Sepakbola Terpecahkan

Misteri mengenai siapa yang menjadi pencetak gol pertama di kompetisi resmi di sepakbola dunia akhirnya terjawab.

Laga pertama di kompetisi resmi dilangsungkan pada 8 September 1888, saat Liga Inggris resmi dibuka dengan laga dilangsungkan antara Bolton Wanderers dan Derby County.

Dengan kompetisi Liga Inggris yang sudah memasuki tahun ke-125, para peneliti pun mencari tahu siapa pencetak gol pertama, yang sebelumnya menjadi miliki pemain Aston Villa Gershom Cox dengan gol bunuh dirinya saat menghadapi Wolverhampton Wanderers.

Namun, Robert Boyling, peneliti surat kabar Inggris, menemukan iklan yang menunjukkan bahwa laga Aston Villa-Wolves tersebut dilangsungkan setengah jam lebih awal dari laga lainnya, yaitu pukul 1530 waktu setempat.

Sementara laga Bolton-Derby dilangsungkan pukul 1545. Namun gol yang tercipta lebih cepat dibanding gol yang terjadi di laga Aston Villa-Wolves.

Adalah James Kenyon 'Kenny' Davenport yang menjadi pencetak gol pertama dengan golnya di menit kedua buat Bolton, lebih awal satu menit dari gol bunuh diri Cox.

"Semua orang tahu siapa itu Kenny Davenport, pria dari kelas pekerja yang senang bermain sepakbola untuk menghidupi dirinya dan juga mewakili negaranya," kata Mark Metcalf, penulis buku, Selasa (30/7).

"Saya tak merasa ia akan tahu betapa pentingnya gol yang sudah diciptakannya," lanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia