HEBAT!!! Taiwan Elu-elukan Aksi Heroik TKW Indonesia



Sarini, seorang tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia yang bekerja di Taiwan, nekat terjun ke sungai untuk menyelamatkan seorang nenek yang nyaris tenggelam. Aksi heroiknya ini banyak mendapat sorotan dari media setempat. Sarini pun dielu-elukan sebagai pahlawan perempuan setempat, demikian diungkapkan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO)

Sarini adalah TKW asal Indramayu, Jawa Barat, yang sejak Maret 2013 mulai bekerja di Kecamatan Tian Chong, Kabupaten Chang Hua, untuk merawat seorang nenek, Tsai. Kisah ini bermula ketika Sarini mendorong kursi roda sang nenek jalan-jalan di taman pada Rabu lalu, 17 April 2013.

Saat melewati Pabao Yichuan, Tsai yang kerap mengeluh akan sakit yang dideritanya dan menyatakan ingin mengakhiri hidupnya, tiba tiba langsung melompat dari kursi roda dan tercebur ke sungai. Tanpa ampun, sang nenek terseret arus deras. Melihat kejadian itu, Sarini yang tidak bisa berenang sama sekali, tanpa berpikir panjang, langsung melompat ke sungai untuk menyelamatkan nyawa sang nenek.

Sarini, yang mengalami cedera di tangan dan kaki akibat aksi beraninya itu, berhasil memeluk erat sang nenek. Keduanya sempat bergelut di dalam air selama 10 menit. Dalam keadaan panik, Sarini menangis dan berteriak minta tolong sebelum warga dan tim penyelamat datang menolong. Mereka segera dilarikan ke Rumah Sakit Ren He, karena menelan banyak air sungai. Hingga Selasa kemarin, keduanya masih dalam perawatan intensif.

Tindakan heroik Sarini yang disiarkan oleh TV dan media cetak tersebar luas dan mendapat respons yang luar biasa dari masyarakat Taiwan. Kepala Pekerjaan dan Pelatihan Komite Buruh Taiwan Lin San-gui, Wakil Camat Kabupaten Changhua Yang Zhang Zhong, dan Kepala Kantor Perwakilan Indonesia untuk Taipei Ahmad Syafri Nurmatias, pada 22 April berkunjung ke rumah sakit untuk menjenguk mereka.


Lin Sangui dan Yang Zhang Zhong memuji dan menyatakan terkesan dengan perbuatan Sarini. Meskipun baru sebulan lebih bekerja di Taiwan, dia mencintai nenek itu seperti keluarganya sendiri.Lin Sangui dan Yang Zhang Zhong berharap Sarini cepat sembuh, selain itu mereka juga memberi Sarini hadiah dan penghargaan. Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Jakarta, pada 23 April memberitahu kejadian ini kepada kakak Sarini di Indonesia, Karnesih, dan kakak iparnya, Nurdianto.

"Karnesih sangat bangga terhadap adiknya dan dia berharap Sarini bekerja di Taiwan dengan baik," ungkap TETO.

Indonesia adalah sumber pekerja asing terbesar di Taiwan. Saat ini ada lebih dari 200 ribu pekerja Indonesia yang bekerja di Taiwan. Di negeri ini mereka mendapat perlindungan upah minimum setara dengan tenaga kerja lokal dan juga dapat memiliki asuransi kesehatan masyarakat Taiwan.

Seiring dengan pertumbuhan hubungan ketenagakerjaan antara Taiwan dan Indonesia, Divisi Visa Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Indonesia, sudah menjadi divisi visa terbesar pemerintah Taiwan di luar negeri. Setiap tahun, mereka menangani lebih dari 130 ribu aplikasi visa, di mana sekitar 80 ribu di antaranya adalah adalah visa tenaga kerja.

Comments

  1. ini yang kedapatan naik.
    lha kalo yang ketahuan mesum, cara keluarga di indo kalo minta dipulangkan saja melalui apa?
    biar sekalian ga jadi TKW di Taiwan, daripada dibuat ajang seks bebas.
    mohon petunjuk cara memulangkannya gan..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia