Jakarta Bakal Punya Layanan 911




Polda Metro Jaya tengah mempersiapakan layanan panggilan darurat 911 untuk warga Jakarta. Direktur Lalu Lintas Polda, Komisaris Besar Chryshnanda Dwi Laksana mengatakan, dia sedang membuat sistem terpadu panggilan darurat tersebut. "Tidak hanya dikerjakan oleh polisi, tapi juga instansi lain dari pemerintah provinsi. Salah satu yang dibangun nantinya adalah 911 seperti yang sudah ada di seluruh dunia," katanya kepada Tempo, Kamis 28 Februari 2013.

Diharapkan sarana panggilan darurat itu nanti akan lebih baik dari sistem panggilan darurat yang saat ini ada. Hari ini, rombongan National Emergency Number Association (NENA) datang ke layanan TMC. "Public safety telah menjadi isu global. Kami berpengalaman membantu peningkatan keamanan warga, membangun sistem 911 di berbagai negara di dunia," ujar Gary Payne, NENA Ambassador.

Dia mengaku mendapat undangan dari Pemerintah Provinsi DKI sejak tahun lalu untuk membantu pembuatan sistem 911 di Jakarta. "Idenya, dengan wewenang pemerintah dan kerjasama dengan polisi, kami ingin mendesain sistem keamanan publik tercanggih seperti 911 untuk warga Jakarta."

Dia menjanjikan standard internasional, praktisi terbaik, dan pengembangan masterplan untuk Jakarta dengan standard internasional. "Tidak hanya dalam menerima panggilan darurat, tapi juga mengetahui apa yang harus dilakukan." Selain itu, program mereka juga menganalisis lalu lintas Jakarta. "Termasuk menganalisis performa kendaraan, seberapa cepat kendaraan berpindah dari satu tempat ke tempat lain."

Menurutnya, sistem 911 mungkin diterapkan di Jakarta. Payne membandingan dengan kota-kota lain yang juga punya masalah kemacetan. "Ada kemacetan di New York, Los Angeles, London, tapi tetap bisa merespon panggilan darurat dalam 2-8 menit. Kenapa Jakarta tidak?" katanya.

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia