WASPADA! INILAH GEJALA AWAL KANKER PAYUDARA


Di Indonesia, kanker payudara masih menjadimasalah besar karena lebih dari 70% pasien datang ke dokter pada stadium yangsudah lanjut.



Hal ini berbeda dengan yang terjadi padanegara maju seperti Jepang, kankerpayudara stadium lanjut hanya ditemukan 13%.

Bagi wanita, payudara merupakan salah satuorgan yang sangat penting. Tak heran bila kanker payudara dirasa sangatmengerikan. Bila divonis menderita penyakit ini, kebanyakan wanita lantasmengalami stres, bahkan depresi.

Memang, penyakit ini mengerikan. Namun biladideteksi sejak dini dan ditangani dengan tepat, penyakit ini tidaklah seburukyang dibayangkan.

Dilansir Shine, berikut beberapa kelainan yangperlu diwaspadai sebagai gejala kanker payudara:

Benjolan



Gejala kanker payudara yang paling mudahdikenali adalah munculnya benjolan yang tidak normal. Benjolan itu bisa umumnyadiraba sendiri, meski kadang-kadang hanya bisa diketahui keberadaannya lewatpemeriksaan mammograph.

Benjolan yang keras dengan bentuk tidakteratur lebih perlu diwaspadai dibandingkan benjolan yang lunak dan bulat.Benjolan lunak biasanya dipicu oleh adanya kista, meski kista juga bisamengeras jika mengalami pengapuran.



Pembengkakan

Meski tidak ada benjolan, payudara yangmembengkak atau terasa berat perlu diwaspadai. Kehamilan dan retensi(penumpukan) cairan akibat terlalu banyak konsumsi garam sebenarnya juga bisamenyebabkan payudara membengkak. Namun pembengkakan akibat kanker biasanyatidak simetris antara payudara kiri dan kanan.

Nyeri di bagian puting

Kista di payudara juga bisa menyebabkan rasanyeri di bagian puting. Untuk membedakannya dengan kanker payudara, periksakansegera dan mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan ultrasonik yang bisamembedakan kista dengan sel kanker.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Kanker payudara selalu ditandai denganpembengkakan kelenjar getah bening di daerah ketiak. Periksakan segera untukmengantisipasi kemungkinan tersebut, meski kadang-kadang infeksi juga bisamenyebabkan bagian ini membengkak.

Cairan aneh di puting

Selain susu, cairan apapun yang keluar dariputing perlu diwaspadai terutama jika berwarna merah atau coklat. Biasanyadokter akan melakukan ductogram yakni sejenis mammograph untuk memeriksakelainan kelenjar susu, lalu mengamati cairan yang keluar dengan bawahmikroskop untuk mengetahui adanya sel kanker di dalamnya.

Puting tenggelam (nipple retraction)

Meski jarang, pertumbuhan sel kanker payudaradi sekitar areola juga bisa menyebabkan puting tenggelam. Jika gejala inimuncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa pekan, ada kemungkinan terjaditraksi atau pengencangan kelenjar susu yang terjadi karena terdesak oleh seltumor.

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia