Hiu Serang Peselancar Australia Hingga Tersisa Separuh Tubuh


Seorang peselancar diserang hiu dan digigit hingga tubuhnya tinggal separuh di pesisir barat Australia pada Sabtu (14/7). Ini kejadian fatal kelima di wilayah tersebut dalam kurun waktu kurang setahun.

Lelaki itu berselancar dekat Wedge Island, bagian utara Perth pada Sabtu pagi dengan seorang temannya ketika ia tiba-tiba diserang seekor hiru, dan mengalami luka parah.

Seorang lelaki yang tengah jet skit dekat peselancar itu mengatakan kejadian penyerangan itu sangat brutal, dengan hanya menyisakan "separuh tubuhnya".

"Darah berceceran di mana-mana dan seekor hiu putih yang besar mengelilingi tubuhnya. Aku menggapai tubuhnya dan hitu itu menuju ke arahku dan mencoba menyerangku. Aku berputar dan ketika aku kembali ke tubuh peselancar itu, hiu itu sudah mengambilnya," ujarnya kepada televisi ABC, sambil memperkirakan hiu itu sekitar empat hingga lima meter panjangnya.

Terkenal lewat film horor "Jaws", hiu putih besar adalah spesies hiu terbesar di dunia dan bisa bertambah besar hingga enam meter dan memiliki berat hingga dua ton.

Petugas patroli pantai mengonfirmasi serangan ini sangat fatal dan dilakukan pencarian di udara, pinggir pantai, dan laut untuk mendapatkan sisa tubuh korban, yang dilaporkan berusia awal 20-an ahun.




Seluruh pantai di area itu ditutup hingga pengumuman selanjutnya dan para nelayan memburu hiu itu untuk dibunuh.

"Kami segera pergi sepanjang malam ini, kami akan menyampaikan hasilnya besok pagi dan membuat keputusan besok," ujar seorang juru bicara para nelayan.

Kejadian ini adalah serangan hiu yang kelima di pantai barat Australia sejak September – serentetan kejadian penyerangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memunculkan permintaan untuk dilakukan pemusnahan pada hiu.

Para ilmuwan laut setempat telah menilai pantai barat Australia sebagai zona serangan hiu yang mematikan di dunia dan program pelacakan telah diluncurkan untuk membatasi kecelakaan.

Seorang pengemudi perahu kayak di laut nyaris saja tidak selamat dari serangan hiu putih. Untung saja seorang temannya berhasil mengangkatnya dari air setelah ia dikejar oleh hiu itu di pantai Mullaloo di Perth.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah hiu putih besar lainnya yang diduga sepanjang lima meter, muncul ke permukaan air menyerang seorang nelayan kepiting di taman menyelam di bagian selatan Perth.

Hiu adalah hewan paling banyak ditemui di perairan Australia namun yang sifatnya menyerang sebenarnya jarang, dengan hanya satu dari rata-rata 15 insiden per tahun yang biasanya terbilang fatal.

Para pakar mengatakan jumlah rata-rata serangan di Australia bertambah sejajar dengan pertumbuhan populasi dan popularitas olahraga air.

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia