Tips: Penggunaan Fitur Broadcast Message di BlackBerry Messenger Dengan Bijak




Sebenarnya ini adalah tips lama yang mungkin beberapa orang juga sudah tahu kalau menggunakan fitur Broadcast Message pada BlackBerry Messenger (BBM) itu harus berhati-hati dalam menggunakannya. Karena sekarang banyak sekali informasi yang didapatkan melalui Broadcast Message tetapi isi informasi ataupun beritanya belum tentu benar atau disebut dengan HOAX (berita bohong). Sebagian orang malah ada yang extreme, karena sudah kesal menerima broadcast message dari orang tersebut, PIN orang tersebut malah dihapus dari contact list-nya.

Bagaimana cara menggunakan broadcast message dengan bijak? Dalam kondisi dan situasi apa anda sebaiknya menggunakan fitur broadcast message? Berikut tipsnya:

* Informasi yang akan disampaikan sebaiknya valid, benar dan terpercaya. Usahakan cantumkan sumber yang berbentuk link apabila anda mendapatkannya dari website.

* Hindari yang namanya membroadcast Jokes of the day, quote of the day dan sejenisnya. Karena tidak semua orang mau menerima isi pesan tersebut.

* Janganlah membuat orang kesal dengan membroadcast semua yang ada di list contact anda. Pilihlah yang memang menurut anda memang harus menerima informasi tersebut dan usahakan memang isi pesannya penting bukan sekedar jokes apalagi HOAX.

* Dalam membroadcast message hindari yang namanya membroadcast ucapan selamat seperti misalnya ucapan hari raya. Karena ucapan hari raya akan lebih terasa personal apabila mengucapkannya tanpa dengan membroadcast.

* Hindari yang namanya membajak BlackBerry teman lalu membroadcast seluruh isi contactnya. Biasanya ini terjadi dengan teman-teman yang iseng. Tetapi keisengan teman anda akan menjadi kekesalan orang lain. Sebaiknya gunakan aplikasi pengunci untuk jaga-jaga, agar BlackBerry itu tidak mudah dibajak.

* Ingat BBM itu sifatnya sangat personal, tidak seperti instant messaging lain yang bisa di logout atau sign out. Jadi sebaiknya apabila mengirimkan broadcast message lakukanlah dengan bijak penggunaannya. Jangan lakukan pada tengah malam, ditakutkan mengganggu orang yang sedang tidur.

* Gunakan media lain apabila ingin memberikan jokes dan quote misalnya melalui Twitter dan status Facebook jangan membroadcast di BBM.

* Berikanlah peringatan atau ajarkan kepada teman Anda apabila masih membroadcast sesuatu yang tidak jelas, jokes dan sejenisnya itu sangat mengganggu. Apabila oleh teman Anda masih diabaikan juga, silahkan delete teman anda dari contact list BBM Anda.

* Semoga tipsnya bermanfaat, dan Anda bisa mulai mencoba tips ini agar Anda tidak menjadi salah satu yang menjadi korban caci maki dan dideletenya Anda dari list contact BBM teman anda. Kalau Anda bisa memulainya terlebih dahulu, kenapa harus menunggu orang lain yang mulai.

Sumber: tim jeruknipis.com

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia