Tiga Kesalahan Apple Sejak Ditinggal Steve Jobs


CALIFORNIA - Posisi Steve Jobs sebagai CEO Apple telah digantikan oleh Tim Cook sejak tahun lalu. Kini satu tahun setelah Jobs wafat pada Oktober 2011, pengaruhnya masih terasa di perusahaan yang berbasis di Cupertino, California tersebut.

Dilansir dari Huffington Post, Minggu (7/10/2012), di bawah kepemimpinan Cook, Apple terus berjuang untuk tetap bisa mempertahankan kesuksesan. Terbukti, sampai saat ini Apple masih mendulang keuntungan besar dan mempertahankan posisi perusahaan yang memiliki nilai tinggi.

Meski begitu, bukan berarti Apple melaju tanpa ada rintangan. Berikut tiga kesalahan yang dibuat Apple sejak ditinggalkan oleh Steve Jobs, seperti dirangkum oleh Huffington Post:

1. Apple Maps: Rilis terbaru dari aplikasi pemetaan Apple di iOS 6 merupakan langkah yang berani, agreif, dan beresiko. Sayangnya, Apple harus menaggung resiko karena aplikasi peta besutannya harus menghadapi masalah dan datanya tidak lengkap.

Alhasil, karena kinerja aplikasi yang buruk, memaksa Cook untuk menyampikan permintaan maaf secara tertulis dan menyarankan pengguna mencoba peta pihak ketiga sebagai gantinya untuk sementara waktu.

2. Persaingan dengan Samsung: iPhone 5 merupakan perangkat yang indah dan dibuat dengan baik, tapi sayangnya tidak memiliki pembaharuan yang melebihi pesaingnya, Samsung Galaxy S III.

Dalam kualitas layar, konektivitas data, kamera, dan prosesor, Galaxy S III tidak bisa dianggap remeh oleh iPhone 5. Apple dinilai lebih bersaing dalam hal hardware, dan bukan sebaliknya.

3. Tak ada perombakan besar iOS: Meski tersangkut masalah Maps, iOS 6 tetap menjadi sistem operasi yang solid. Tapi masalahnya, Apple terlihat belum terlalu agresif dengan pengembangan iOS.

Sehingga muncul berbagai dugaan, seperti Apple menyimpan fitur baru untuk rilis versi terbaru iOS mendatang atau mungkin saja kehabisan ide.

Meski Apple masih menyisakan kesalahan, tapi perusahaan tersebut tetap terus menghasilkan keuntungan. Antara lain, harga saham yang hampir meningkat dua kali lipat dalam 12 bulan ini, menjual iPhone 5 sebanyak 5 juta unit hanya dalam 48 jam, dan memiliki penjualan iPad yang sukses.
(fmh)

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia