Review: Nexus 7, Apa yang Membuatnya Istimewa?



Inilah tablet yang membuat kubu Apple merinding mendengar namanya, apalagi kalau bukan Nexus 7. Tablet yang sengaja dirancang Google ini dibuat untuk menjadikan citra tablet Android lebih terhormat, paling tidak di mata Apple. Tentu saja kehadiran tablet ini membuat Apple harus melanggar sumpah Steve Jobs untuk tidak membuat tablet berukuran 7 inci. Seperti apa sih kecanggihan tablet besutan Asus, mari kita telisik lebih dalam.

Desain
Begitu kamu mengeluarkan Nexus 7 dari kotak paket penjualan, maka kamu akan tahu bahwa Google tidak main-main dengan Nexus 7. Jika kamu pengguna iPad atau tablet 10 inci, maka kamu akan terkaget-kaget dengan portabilitas tablet ini. Itu karena Nexus 7 memiliki dimensi yang sama seperti tablet 7-inci lainnya, dengan bobot 75 pound yang sedikit lebih ringan daripada Kindle Fire.

Tidak ada yang akan mengira tablet ini berharga sangat murah, jika desain lapisan kaca yang menyatu meliputi hampir di seluruh bagian depan membuatnya terkesan sangat mewah. Pola bolong-bolong dibagian belakang dibuat untuk menciptakan grip di tangan sehingga nyaman digenggaman. Warna coklat menambah nuansa eksklusif dan dewasa pada Nexus 7.


Layar
Display 7 inci Nexus di isi dengan resolusi 1200 x 800 HD display backlit IPS yang dibungkus 216 piksel per inci. Tentu, itu tidak cukup mengesankan jika dibandingkan dengan iPad generasi ketiga yang telah dilengkapi Retina Display pada 264ppi, tetapi mengingat perbandingan harga iPad yang cukup mencolok, tentu kamu tidak akan keberatan dengan layar Nexus 7.

Kemewahan Nexus 7 dijaga baik oleh Asus dengan tidak adanya satupun tombol di bagian depan tablet, namun tetap dilengkapi dengan kamera 1.2 megapiksel yang menghadap ke depan. Kamu tidak perlu khawatir dengan desain layar Nexus, Karena Google telah meminta Asus menggunakan teknologi layar Corning Glass, sehingga cukup kokoh untuk berada di semua arena pengujian.

Kontras, brightness dan warna memang tidak sebaik iPad atau Transformer, namun kami masih bisa mengadu keindahan gambar Nexus 7 dengan tablet sejenisnya dalam klan Android. Warna-warni di layar Nexus 7 sangat membantu semua foto dan gambar kamu menjadi lebih indah dari yang sebenarnya.

Interface
Kenikmatan dalam menggunakan layar keren ini semakin ditingkatkan dengan dukungan interface Android 4.1 Jelly Bean yang sistem operasi Android versi terbaru. Nexus 7 memiliki kehormatan merasakan debut Jelly Bean dengan peningkatan luar biasa dalam kecepatan memproses aplikasi dan perpindahan antar screen. Saking hebatnya peningkatan yang akan dirasakan user, Google menyebutnya dengan Project Butter.

Kami pun ikut merasakan perbedaan yang drastis tanpa lag saat melakukan perpindahan screen atau pun aplikasi dengan membuka beberapa aplikasi dan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Sementara keyboard Jelly bean sendiri benar-benar berbeda dan meskipun ada sejumlah alternatif yang mungkin ingin kamu coba, ukuran tablet 7 inci masih sangat nyaman untuk digunakan mengetik baik dengan posisi portrait atau pun landskap. Jika kamu terbiasa mengetik cepat, terkadang keyboard akan lambat merespon hasil ketikan kamu. Namun berbeda dengan keyboard Nexus 7, keyboard ini mampu mengikuti kemana pun jari kamu menekan tuts.


Jelly Bean memang menjadi bintang tamu di Nexus 7 untuk menghadirkan berbagai peningkatan, salah satunya adalah Notifikasi. Saat pertama kali diperkenalkan di Honeycomb, fitur ini membuat banyak orang kesal. Tapi kini Jelly Bean telah mendewasakan fitur notifikasi di Nexus 7, terlebih dengan masuknya Gmail, membuat notifikasi mampu menampilkan banyak detik menarik untuk kamu ketahui. Bahkan kamu juga bisa mengakses notifikasi langsung dari lock screen juga, sehingga kamu bisa mengetahui semua pemberitahuan dengan cepat.
Sayangnya hampir setiap waktu, paling tidak di homescreen, kamu harus menggunakan mode potrait. Maka mode ini cukup mengganggu saat kamu sedang memakai standing case ketika menonton film.

Google Now
Update paling gres dari Google kini adalah Jelly Bean. Dalam istilah sederhana, ini adalah versi Android dari Siri untuk iOS, tapi jauh lebih terintegrasi ke dalam sistem operasi. Selain kemampuan berbicara, Google sekarang akan belajar pola penggunaan perangkat kamu, dan kemudian menampilkan informasi yang relevan. Misalnya, jika kamu sering mencari sebuah tim olahraga tertentu, maka Google kini akan menampilkan pertandingan yang akan datang untuk kamu tonton.

Performa
Kinerja Nexus 7 terasa sangat cepat dengan chipset Tegra 3 dan interface Jelly Bean mampu mengurai hambatan dalam proses di aplikasi. Project Butter tidak diragukan lagi menjadi proyek terbaik Google untuk meningkatkan kemampuan tablet masa depan Google. Namun kami sempat mengalami keluhan saat menggeser menu di homescreen yang terlalu cepat, hingga halaman yang kami inginkan menjauh.

Kami sempat mendownload beberapa aplikasi yang cukup besar untuk membuktikan janji surga Google, dan ternyata kami cukup tercengang dengan kecepatan aplikasi-aplikasi tersebut membuka hingga menutup. Beberapa game 3D yang kami download terlihat begitu keren dengan chipset Tegra mampu mendorong frame rate terbaik yang stabil.


Baterai
Dalam periode singkat pengujian kami, daya tahan baterai Nexus 7 cukup tangguh. Yap, karena tablet ini telah dilengkapi dengan baterai berdaya 4325mAh. Dalam penggunaan wajar, kami mengisi Nexus 7 dengan berbagai aplikasi chat, email dan games yang membutuhkan koneksi internet dari operator atau Wi-Fi. Setelah hampir seharian memakai Nexus 7, tablet ini baru menyerah di sekitar jam 10 pagi esok harinya.

Nama Produk: Google Nexus 7
Harga: Rp 2.950.000
Best For: Baca buku digital

Pros:
- Hardware Berkualitas Tinggi
- Dukungan Android 4.1 Jelly Bean
- Dilengkapi dengan NFC
Cons:
- Tidak ada kamera belakang
- Kontras layar kurang maksimal

Spesifikasi:
Processor : Quad-core Tegra 3 processor
RAM: 1Gb
OS: Android 4.1.1 Jelly Bean
Display: 7 inch 1280x800 HD display (216 ppi)
Scratch-resistant Corning glass
Camera = 1.2MP front-facing camera ( ga sembarang 1,2Mp, kinclong! )
Baterai: 4325 mAh
Dimension = 198.5 x 120 x 10.45mm
Berat: 340 gram

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia