Pentingnya SARAPAN PAGI!!!!




Pagi hari saat akan berangkat bekerja, karena terburu-buru khawatir terlambat kita mungkin  lupa atau tidak sempat sarapan pagi. Atau mungkin karena satu dan lain hal memang sengaja tidak sarapan pagi. Mengapa demikian? Ada beberapa hal yang menyebabkan kita tidak sarapan pagi padahal kalau kita tahu betapa besar manfaat dari sarapan pagi. Inilah penyebab kita tidak sarapan pagi :
1. Sedang menjalani diet (ingin langsing/kurus, turun berat badan, ingin sehat).
2. Terburu-buru sehingga tidak sempat menyiapkan makanan sarapan pagi.
3. Terburu-buru sehingga tidak sempat sarapan pagi meskipun makanan telah tersedia.
4. Tidak berselera menyantap makanan.
Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata. Atau dengan kata lain, matalah yang  menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan. Padahal kenyataannya, Mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreaslah yang mengatur semuanya. Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin(gula darah).
Tahukah wahai sahabat?
Badan kita terdiri dari 100 trilyun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda(Vitamin,Protein dari sayuran,Garam Mineral,Unsur2 Vitamin,Esensi Asam Amino,Esensi Asam Lemak,Serat Sayuran & Buah,Air Putih),dan itu harus kita penuhi setiap hari.
Ketika badan kita bangun di pagi hari akan menuntut 114 macam nutrisi tersebut. Dan… makanan apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari ? Apa yang terjadi dengan tubuh kita apabila ke-114 nutrisi tersebut tidak bisa kita penuhi?
Mengapa Kita Perlu Sarapan Pagi ?
Beberapa manfaatnya antara lain :
  • Menghasilkan Energi Tubuh
  • Bahan Bakar untuk OTAK
  • Rahasia hidup sehat
  • Rahasia berat badan ideal
  • Kemampuan untuk mengambil ‘keputusan’ yang lebih baik
  • Memberikan ‘MOOD’ yang nyaman sepanjang hari
1. Sarapan Karbohidrat
Di pagi hari, karbohidrat simple (cereal olahan, roti putih, roti panggang atau makanan pokok lainnya) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini akan memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Inilah salah satu alasan utama penyebab Diabetes, Hypertensi dan kenaikan berat badan.
Ketika Anda Sarapan pagi dengan karbohidrat yang berasal dari roti tawar, mie, nasi, dll akan menyebabkan gula darah Anda melonjak drastis dan menghasilkan emisi besar Insulin. Insulin ini akan menyingkirkan gula dari gula darah, dan menyebabkan Anda akan sering merasa lapar. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Tak heran, Anda sering Lapar dan Ngemil terus menjadi penyebab Diabetes, Hypertensi dan Obesitas (kegemukan).
2. Tidak Sarapan
Saat Anda memutuskan tidak sarapan, gula darah Anda akan turun/drop di bawah tingkat normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energy sehingga sering gemetar. Ujung-ujungnya Anda akan kembali mengonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami. Lagi-lagi Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.
3. Sarapan yang baik Berdasarkan Protein & Nutrisi
Sarapan seperti ini akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.Hasilnya berat badan kita tidak akan bertambah dan malah cenderung menurun.
Sarapan seperti ini menyediakan semua gizi vital dan energi tanpa menambah kadar gula dan insulin. Hal ini juga mencegah terjadinya kelaparan sepanjang hari. Anda akan merasa lebih sehat, fit, energik dan bugar, karena mampu mengontrol keinginan untuk ngemil (gorengan, snack, coklat, biskuit, softdrink, dll) dan tubuh Anda akan mendapat energi dari cadangan Lemak tubuh. Anda akan merasa lebih bertenaga sepanjang hari.
Semua orang perlu sarapan pagi yang baik, dan lebih khusus lagi bagi :
• Orang-0rang yang sering mengalami stress.
• Lingkungan kerja yang tidak sehat
• Perokok
• Pengkonsumsi Alkohol
• Atlit
• Manula
• Ibu Hamil & Menyusui
• Anak kecil & pelajar
• Orang2 dengan kesehatan yang buruk
Apa Kriteria Sarapan Pagi yang Ideal?
1. Memberikan tubuh kita semua nutrisi yang penting
2. Memberikan tubuh kita untuk energi yang baik sepanjang hari
3. Memberikan tubuh kita asupan air yang baik
4. Membantu menjaga tingkat kadar gula dalam darah kita tetap normal
 Bagaimana, masih menyepelekan sarapan Pagi ? Jangan ya…..

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia