Inilah Pemicu Awal Pembantaian Massal Anggota PKI Oleh Santri

Setiap tanggal 30 September dan 1 Oktober zaman sekolah dulu, kita selalu menaikkan bendera setengah tiang untuk mengenang korban/para pahlawan revolusi.

Tragedi (pengkhianatan) G30S/PKi memang amat samar faktanya. Situasi politik pasca peristiwa ini amat tidak menentu..masing-masing tidak tahu siapa kawan dan siapa lawan.

(Bakal) pemerintah Orba pada masa itu berhasil "mengindoktrinasi" seluruh rakyat agar memelihara kebencian terhadap apa yang berbau PKI.

Bung Karno memang berhasil menyatukan semua unsur negara dalam konsep NASAKOM (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Tetapi, sebenarnya unsur Agama dan Komunis tidak pernah rukun..bagaikan (maaf) kucing dan anjing.

Hal inilah yang "dimanfaatkan" oleh militer.

Semuanya berawal dari tragedi penyerbuan pesantren di Kanigoro pada 13 Januari 1965 yang merupakan balas dendam anggota PKI atas tewasnya rekan mereka sebulan sebelumnya di Jombang dan Madiun yang dibunuh oleh kader Nadhlatul Ulama (NU).

Diorama penyerbuan Pesantren Kanigoro secara brutal oleh massa PKI

Setelah meletusnya Peristiwa G30S....para santri melakukan pembantaian massal terhadap orang-rang PKI atau mereka yang dicurigai PKI. Tanpa mereka sadari, bahwa mereka sesungguhnya "dimanfaatkan" oleh tentara.

sayang sekali. semoga kejadian kelam semacam ini tidak terulang lagi

Comments

Popular posts from this blog

18+:Foto Otopsi Korban Pembunuhan dan Perkosaan

Hutan Hoia Baciu, Salah Satu Hutan Paling Mengerikan di Dunia